Berita

Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor

Administrator | 28 Nov 2014


JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar bersama relawan PMI setempat, menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan longsor di sejumlah kecamatan dalam kabupaten tersebut, Selasa dan Rabu (4-5/11). Selain itu, bantuan juga datang dari PT Angkasa Pura II Blangbintang dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Aceh.

“Relawan PMI bersama pejabat Aceh Besar menyalurkan bantuan sembako untuk korban banjir sejak hari pertama. Saat ini para relawan tetap standby di lokasi banjir dan longsor dengan mendirikan posko-posko darurat. Kami berharap masalah banjir dan longsor segera teratasi,” kata Ketua PMI Aceh Besar, Hamdani Basyah dalam rilis kepada Serambi, Rabu (5/11).

Hamdani yang juga Kabag Umum Setdakab Aceh Besar menyebutkan, bantuan yang disalurkan berupa air mineral, beras, minyak goreng, kecap, sarden, gula pasir, mi instan, dan saus. Selain itu relawan PMI Aceh juga ikut membersihkan jalan dan rumah-rumah warga yang tergenang banjir dan longsor.

Proses penyaluran bantuan bagi korban banjir di Darul Imarah, Aceh Besar Besar, dibantu Camat Azhari SE yang juga Ketua Posko Banjir Aceh Besar. “Jumlah korban banjir di Darul Imarah yang terdata mencapai 1.253 KK, meliputi Gampong Leu Ue, Lambheu, Ulee Tuy, Garot, Lamreung, Punie, Gue Gajah, Lampasi Engking atau Villa Buana. Tapi, hari ini (kemarin-red) warga mulai pulang ke rumah karena air mulai surut,” timpal Azhari.

Di Aceh Besar, banjir melanda sejumlah kawasan seperti Kecamatan Darul Imarah, Kuta Malaka, Kecamatan Darul Kamal, Ingin Jaya, Peukan Bada, Sukamakmur, Simpang Tiga, serta Leupung dan Lhoong.

Sementara Kepala BPBD Aceh Besar, Dr Samsul Bahri MSi menambahkan penanganan terhadap korban banjir dan longsor terus dikoordinasikan dengan berbagai pihak. Pada Selasa (4/11), Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah SSos bersama SKPD mengunjungi korban longsor di Kecamatan Leupung dan Lhoong.

Kepala Cabang PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SIM, Joko Sudaryanto SSIT, mengatakan bantuan sembako disalurkan untuk warga Gampong Krueng Kala, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar yang terkena dampak banjir dan longsor.

Bantuan yang disalurkan itu berupa 120 sak beras, 240 kilogram gula pasir, 120 kain sarung, 120 liter minyak goreng, 60 kotak mi instan dan 120 kotak air mineral. Ia menjelaskan, bantuan yang disalurkan itu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Angkasa Pura 2.

Sementara itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Aceh juga menyalurkan bantuan kepada korban musibah banjir dan longsor di Kecamatan Leupung dan Lhoong, Aceh Besar, Rabu (5/11) siang. Bantuan diserahkan Pps Kepala BPJS Kesehatan Wilayah Aceh, Neni Fajar dan diterima oleh masing-masing pihak Kecamatan Leupung dan Lhoong. Bantuan yang disalurkan berupa beras, minyak goreng, gula, mi instan, dan sarung.

Sumber: serambinews.com